05 April 2016, 06:17

Bupati Paparkan Program Unggulan Gerbang Raja Jilid II


TENGGARONG – Dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kutai Kartanegara (Kukar). Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar mengadakan kegiatan orientasi visi dan misi Gerbang Raja yang disampaikan Bupati Rita Widyasari dan Wabup Edi Damansyah, di Bappeda, Rabu (24/2).
Kepala Bappeda, Totok Heru Subroto mengatakan penyusunan RPJMD merupakan suatu tuntutan dalam pelaksanaan otonomi daerah sesuai UU 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan UU 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. “Kabupaten Kukar saat ini sedang menyusun RPJMD 2016 – 2021 dan mempunyai komitmen yang kuat untuk mewujudkan dokumen perencanaan yang transparan, akuntabel dan aspiratif dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan,” katanya.
Rita di hadapan seluruh Asisten, Kepala SKPD,  Camat dan Sekcam memaparkan program unggulan Gerbang Raja jilid II dengan agenda prioritas dan program unggulan yang disebut dengan Hak Rakyat Untuk Sejahtera (HARUS), diantaranya memantapkan reformasi birokrasi untuk rakyat, meningkatkan sumber daya manusia yang berkompeten, meningkatkan pembiayaan pembangunan daerah, meningkatkan pengelolaan pertanian dan pariwisata untuk percepatan transformasi struktur ekonomi daerah, meningkatkan keterpaduan pembangunan infrastruktur menuju daya saing daerah, meningkatkan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan dan meningkatkan partisipasi perempuan dalam pembangunan serta penguatan perlindungan anak.
Sementara Edi Damansyah melanjutkan dengan pemaparannya tentang aksi gerak cepat paling lawas 100 hari, diantaranya yang harus dilakukan adalah memetakan tanggung jawab pelaksanaan agenda prioritas dan program unggulan Gerbang Raja 2016 – 2021.  Setiap SKPD harus menyediakan data dan informasi yang up to date bagi keakuratan penyusunan target – target pembangunan daerah sesuai dengan semangat Gerbang Raja 2016 – 2021.   Setiap SKPD menyusun desain pelaksanaan program secara sistematis, terencana sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku. (hmp06)